Baca Doa Ini Agar Mudah Mendapat Jodoh

Jodoh memang menjadi salah satu rahasia Ilahi. Meski sudah dijaga sekuat hati, bila bukan jodoh maka dia akan tetap pergi. Ada pula yang tidak pernah hadir, tiba-tiba datang untuk melengkapi kehidupan ini.

Bagi yang sudah menikah dan menemukan jodohnya, maka mereka bisa sedikit bernafas lega. Setidaknya, separuh agama sudah disempurnakannya. Komitmen dan rasa berkasih sayang lah yang akan menyatukan hingga usia menua.

Namun tidak usah kuatir jika hingga saat ini belum dipertemukan dengan belahan jiwa. Cukup berikhtiar sembari memanjatkan doa. Lantas bagaimana bacaan doa agar mudah dpertemukan dengan jodohnya? Berikut ulasannya.

Sebenarnya, tidak ditemukan dalil tentang doa khusus agar mudah mendapatkan jodoh. Nabi Muhammad SAW hanya mengajarkan jika ingin berdoa maka bacalah doa yang padat namun luas maknanya. Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai jawami’ ad-dua (doa yang kalimatnya padat namun luas maknanya). Dan beliau tinggalkan yang lainnya. (HR. Ahmad, Abu Daud, dan dishahihkan al-Albani).

Salah satu doa yang dianggap padat namun memiliki makna yang luas adalah doa sapu jagad. Doa sapu jagad termasuk dari surah Al-baqarah ayat 200 dan ayat 201. Adapun bunyinya adalah “Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil-akhirati hasanah,wa qina ‘adzabannar”.

Dari Anas bin Malik, Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW berkata “Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah SAW adalah doa sapu jagad yang artinya “Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka”.” (HR. Bukhari).

Ini adalah doa untuk kebahagiaan dunia akhirat termasuk juga di dalamnya agar didekatkan dengan jodoh. Meski banyak dipanjatkan dalam majelis, namun tidak banyak yang tahu apa sebenarnya manfaat dari bacaan doa ini. Doa sapu jagad juga dipercaya bisa mendatangkan jodoh yang soleh dan soleha.

Hal ini berdasarkan tafsir dari Ibnu Abbas Abbas rodhiyallohu ‘anhuma, yang mengatakan bahwa makna hasanah atau kebahagian dunia salah satunya adalah menikahi orang yang shaleh dan soleha. Maka dari itu, sering membaca doa ini setelah shalat bisa mendekatkan jodoh.

Namun bagi anda yang belum dipertemukan jodoh, tidak perlu menggebu dan melakukan segala cara. Karena pada kodratnya, manusia diciptakan berpasang-pasangan dan saling melengkapi. Cukup memantaskan diri dalam penantian sebelum dipertemukan dengan orang yang tepat.

sumber doaislam

 

 

Inilah Doa Setelah Sholat Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Doa setelah sholat sering dipanjatkan ketika usai melakukan ibadah shalat baik fardu maupun sunnah. Ini adalah saat harapan dan asa diungkapkan oleh seorang hamba kepada  Penciptanya. Berharap jika setelah sholat menjadi waktu yang tepat untuk bermunjat.

Banyak doa-doa yang diucapkan ketika seseorang selesai melakukan salam. Namun tahukah Anda bahwa ternyata Rasulullah SAW tidak pernah melakukan hal itu? Doa yang beliau munjatkan adalah pada rakaat terakhir sebelum salam.
namun jangan kuatir, karena ada satu doa yang selalu dilakukan oleh manusia pilihan Allah ini usai beribadah sholat. Seperti apa doanya?

Ternyata doa setelah sholat yang diucapkan Rasulullah SAW adalah istigfar sebanyak tiga kali. astagfirullah, astagfirullah, astagfirullah (maknanya adalah ‘aku memohon ampun pada Allah’)

Hal ini berdasarkan hadist nabi yang diriwayatkan dari  Tsauban berkata bahwa , Rasulullah SAW jika berpaling (selesai) menunaikan shalatnya, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan ‘astagfirullah’ sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengucapkan ‘Allahumma antas salam wa minkas salam tabarokta yaa dzal jalali wal ikrom’. (HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shohih, termasuk periwayat kitab shohih. Syaikh Al Albani dalam Al Kalamu Ath Thoyib mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Tujuan dari istigfar ini pun hanya untuk menutup kekurangan yang terjadi dalam shalat. Jika niatnya tidak untuk itu, maka doa tersebut tidak mengikuti petunjuk Rasul.

Ternyata setelah sholat, Allah SWT menganjurkan Hamba-Nya untuk berdzikir atau mengingat Rabb-nya, dan bukan berdoa. Hal ini berdasarkan banyak firman-Nya, diantaranya Surat An Nisa:103 dan Al Jumu’ah : 10.

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), berdzikirlah pada Allah.” (QS. An Nisa’ [4] : 103)

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan berdzikirlah pada Allah sebanyak-banyaknya.” (QS. Al Jumu’ah : 10)

Waktu yang utama untuk bermunjat ternyata ketika dalam sholat atau sebelum sholat itu berakhir. Karena pada hakikatnya, sholat adalah waktu bermunjat, jika telah selesai mengucapkan salam, maka berakhir pula munajat tersebut. Sehingga akan lebih utama seseorang yang berdoa ketika sedang sholat tersebut.

Namun, hal ini merupakan perkara  ijtihadiyah, yang masih terdapat perselisihan ulama di dalamnya. Sehingga pendapat lainnya juga  sangat dihormati. Namun, semoga informasi tentang Doa setelah sholat ini bisa bermanfaat untuk bagi pembaca.

sumber doaislam

Ajaib, Kalimat Ringkas Ini Bisa Menambah Rezeki

Rezeki merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh makhluk dalam melalui roda kehidupan. Cakupannya bukan hanya materi, namun juga segala sesuatu yang saat ini bisa dinikmati. Bentuknya sangat banyak, akan tetapi hanya bisa dirasakan bagi mereka yang pandai mensyukuri.

Setiap manusia sudah dibekali dengan rezeki. Namun jumlahnya berbeda, sehingga tidak jarang ada yang kekurangan, atau sebaliknya justru ada yang berlebih. Ada yang bertahan dalam kondisi ini, namun ada pula yang tidak sanggup hingga menempuh cara tidak halal untuk menambah rezeki.

Ternyata selain kerja keras, ada rahasia penambah rezeki agar mengalir deras. Bukan dengan banting tulang, namun dengan kalimat ringkas yang dapat menarik rezeki mengikuti kehidupan. Kalimatnya pun sangat familiar, tapi sayang tidak banyak yang mengamalkan. Seperti apa kalimatnya?

Ternyata kalimat ringkas penambah nikmat tersebut adalah Alhamdulillah yang berarti segala puji bagi Allah. Kalimat tahmid ini merupakan ungkapan syukur kepada Allah SWT atas apa yang diterima dalam kehidupan. Dan sesuai janji-Nya, siapa yang bersyukur maka Allah SWT akan menambahkan lebih. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT dalam Alquran Surat Ibrahim Ayat 7 yang artinya:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (Q.S Ibrahim:7).

Sudah jelas bukan, jika Allah SWT sudah menjanjikan bahwa Dia akan menambahkan nikmat dan rezekinya kepada hamba-hamba-Nya yang bersyukur. Cara bersyukur yang sangat mudah, adalah dengan mengucapkan Hamdalah, Alhamdulillah…

Ternyata kalimat Alhamdulillah ini tidak hanya diaplikasikan saat mendapatkan kenikmatan saja. Namun dalam semua kondisi, hendaklah kita tetap bersyukur kepada-Nya. Karena nikmat yang sudah diberikan Allah, tidak sebanding dengan musibah yang mungkin sedang menimpa kita.

Misalnya pada saat lapar, haus, dan kelelahan, manusia kerap kali mengeluh saat menghadapi kondisi ini. Kalimat yang diucapkan adalah “Aduh haus, Aduh lapar, Aduh capek”. Hampir semua yang terucap adalah kalimat keluhan. Padahal apa yang dirasakan ini sebeneranya adalah sebuah kenikmatan.

Bagaimana tidak, ketika lapar, kita akan merasakan bertapa nikmatnya makan. Dan hanya ketika haus, kita dapat merasakan bagaimana nikmatnya minum. Demikian juga ketika lelah, disaat itulah kita bisa merasakan bagaimana nikmatnya istirahat.

Ada baiknya mulai saat ini dan seterusnya, kita mengganti semua kalimat keluhan itu dengan kata Alhamdulillah. Allhamdulillah ya Allah saya lapar, Alhamdulillah haus, Alhamdulillah capek..dan lihat bagaimana Allah menepati janji-Nya, yakni menambahkan nikmat dan rezeki kepada kita.***

sumber amalanislam



Sumber Nukilan Cerita Kita

0 Response to "Baca Doa Ini Agar Mudah Mendapat Jodoh"

Post a Comment